Senin, 18 April 2011

Sungai Gerong City



Kawasan Sungai Gerong terletak di tepian Sungai Musi. Dari pusat Kota Palembang, tempat tersebut dapat dicapai melalui jalan darat melalui wilayah Plaju dan wilayah Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin.

Kondisi jalan dari Kota Palembang ke Sungai Gerong relatif baik. Dari pusat kota, paling lama 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi sudah dapat mencapai tempat tersebut. Kawasan itu identik dengan Pertamina, khususnya pengolahan minyak.

Kawasan Sungai Gerong sudah dapat terlihat dari jembatan di atas Sungai Komering, menghubungkan antara Palembang-Plaju dengan kawasan Sungai Gerong. Dari atas jembatan sudah dapat disaksikan tempat tersebut merupakan kawasan industri minyak. Cerobong kilang ciri khas industri pengilangan minyak sudah dapat disaksikan.

Sebelum memasuki kawasan Sungai Gerong, kendaraan akan melalui jalan pada bagian belakang kompleks Pertamina Plaju. Dari kendaraan kita dapat menyaksikan beberapa instalasi pengolahan serta nyala flare (api dari gas). Memasuki komplek Sungai Gerong melalui penjagaan ketat, yang dapat disaksikan adalah perumahan Pertamina serta aset-aset berupa gedung-gedung. Selain itu,sebagai industri pengolahan minyak pasti dapat disaksikan berbagai peralatan pengolahan meski hanya dari kejauhan. Hal itu karena kawasan tersebut pengamanannya sangat ketat mengingat kilang minyak adalah sebagai industri strategis.Bila kendaraan Anda terus melaju, maka Anda akan sampai pada kawasan bibir Sungai Musi. Di sanalah Anda bersama keluarga dapat dengan santau duduk-duduk menikmati panorama kawasan sungai, layaknya pinggir pantai. Dengan suanana keliling yang hijau, dengan rumput dan pohon yang rindang, Anda dapat mengarahkan pandangan ke sungai dengan riak air dan lalu lalangnya kapal tengker dan perahu nelayan.

Suasana ini tentu sangat menarik bagi anak-anak. Karena itu, kawasan ini sering dijadikan tempat berlibur anak sekolah, termasuk kegiatan Pramuka dan ekstrakulikuler lainnya. Makin asyik bila Anda bersama keluarga menikmati makan siang di sana, dengan memawa bekal dari rumah. Bagi Anda yang senang memancing, kawasan tersebut pun dapat Anda manfaatkan untuk menghabiskan waktu memancing. Dan bila anak Anda bosan duduk di pinggir pantai, Anda dapat mengajaknya ke kolam renang yang berada tak jauh dari sana. Untuk masuk ke sana pun Anda tak per mengeluarkan kocek saat masuk ke sana, semuanya gratis, tentu dengan syarat mematuhi aturan yang ditetapkan pihak Pertamina.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar